HUBUNGAN ENTREPRENEURSHIP EDUCATION TERHADAP ENTREPRENEURIAL PROMOTION MELALUI ENTREPRENEURIAL MINDSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PESERTA DIDIK SMK SE-MALANG RAYA
DOI:
https://doi.org/10.51881/jak.v22i2.132Keywords:
Entrepreneurial Mindset, Entrepreneurial PromotionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan entrepreneurship education terhadap entrepreneurial promotion melalui entrepreneurial mindset. Dimana dalam penelitian ini entrepreneurial mindset ditempatkan sebagai mediator hubungan antara entrepreneurship education dan entrepreneurial promotion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang yakni SMK Negeri 1 Malang, SMK Negeri 11 Malang, dan SMK Negeri 7 Malang yang telah mendapatkan pendidikan kewirausahaan dan telah memiliki usaha yakni siswa kelas XI dan XII. Sampel penelitian ini berjumlah 350 siswa yang mengisi survei menggunakan google form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software Smart PLS versi 3. Penelitian ini menggunakan 2 model perhitungan PLS, yaitu Model pengukuran (Outer Model) dan Model Struktural (Inner Model). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap promosi kewirausahaan pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap mindset kewirausahaan, promosi kewirausahaan berpengaruh positif siginifikan terhadap mindset kewirausahaan, serta mindset kewirausahaan memediasi secara signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap promosi kewirausahaan. Penelitian ini memberikan bukti terhadap penelitian yang masih diperdebatkan bahwasannya pendidikan kewirausahaan dan mindset kewirausahaan mampu mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap promosi kewirausahaaan. Temuan ini juga menjadi bekal untuk calon wirausahawan dalam memahami dan menerapkan ilmu yang sudah diajarkan dalam berwirausaha
Downloads
References
Andalibi, M., 2019. Early Incorporation of Entrepreneurship Mindset in An Engineering Curriculum. Int. J. High. Educ. 8, 98. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n4p98
Bacq, S., Lumpkin, G.T., 2021. Social Entrepreneurship and COVID‐19. J. Manag. Stud. 58, 285–288. https://doi.org/10.1111/joms.12641
Baggen, Y., Lans, T., Gulikers, J., 2022. Making Entrepreneurship Education Available to All: Design Principles for Educational Programs Stimulating an Entrepreneurial Mindset. Entrep. Educ. Pedagogy 5, 347–374. https://doi.org/10.1177/2515127420988517
Berger, E.S.C., von Briel, F., Davidsson, P., Kuckertz, A., 2021. Digital or not – The future of entrepreneurship and innovation. J. Bus. Res. 125, 436–442. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.12.020
Bischoff, K., Volkmann, C.K., Audretsch, D.B., 2018. Stakeholder collaboration in entrepreneurship education: an analysis of the entrepreneurial ecosystems of European higher educational institutions. J. Technol. Transf. 43, 20–46. https://doi.org/10.1007/s10961-017-9581-0
Blankesteijn, M., Bossink, B., van der Sijde, P., 2021. Science-based entrepreneurship education as a means for university-industry technology transfer. Int. Entrep. Manag. J. 17, 779–808. https://doi.org/10.1007/s11365-019-00623-3
Burnette, J.L., Pollack, J.M., Forsyth, R.B., Hoyt, C.L., Babij, A.D., Thomas, F.N., Coy, A.E., 2020. A Growth Mindset Intervention: Enhancing Students’ Entrepreneurial Self-Efficacy and Career Development. Entrep. Theory Pract. 44, 878–908. https://doi.org/10.1177/1042258719864293
Caplan, J., Kanigel, R., Tsakarestou, B., 2020. Entrepreneurial Journalism: Teaching Innovation and Nurturing an Entrepreneurial Mindset. Journal. Mass Commun. Educ. 75, 27–32. https://doi.org/10.1177/1077695820904987
Cervelló-Royo, R., Moya-Clemente, I., Perelló-Marín, M.R., Ribes-Giner, G., 2020. Sustainable development, economic and financial factors, that influence the opportunity-driven entrepreneurship. An fsQCA approach. J. Bus. Res. 115, 393–402. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.10.031
Chhabra, S., Raghunathan, R., Rao, N.V.M., 2020. The antecedents of entrepreneurial intention among women entrepreneurs in India. Asia Pac. J. Innov. Entrep. 14, 76–92. https://doi.org/10.1108/APJIE-06-2019-0034
Cui, J., Sun, J., Bell, R., 2021. The impact of entrepreneurship education on the entrepreneurial mindset of college students in China: The mediating role of inspiration and the role of educational attributes. Int. J. Manag. Educ. 19, 100296. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.04.001
Daspit, J.J., Fox, C.J., Findley, S.K., 2023. Entrepreneurial mindset: An integrated definition, a review of current insights, and directions for future research. J. Small Bus. Manag. 61, 12–44. https://doi.org/10.1080/00472778.2021.1907583
Debarliev, S., Janeska-Iliev, A., Stripeikis, O., Zupan, B., 2022. What can education bring to entrepreneurship? Formal versus non-formal education. J. Small Bus. Manag. 60, 219–252. https://doi.org/10.1080/00472778.2019.1700691
Drobyazko, S., Barwińska-Małajowicz, A., Ślusarczyk, B., Zavidna, L., Danylovych-Kropyvnytska, M., n.d. Innovative Entrepreneurship Models In The Management System Of Enterprise Competitiveness.
Egerová, D., Eger, L., Mičík, M., 2017. Does entrepreneurship education matter? Business students’ perspectives. Tert. Educ. Manag. 23, 319–333. https://doi.org/10.1080/13583883.2017.1299205
Eijdenberg, E.L., Isaga, N.M., Paas, L.J., Masurel, E., 2021. Fluid Entrepreneurial Motivations in Tanzania. J. Afr. Bus. 22, 171–189. https://doi.org/10.1080/15228916.2019.1695191
Faghih, N., Bonyadi, E., Sarreshtehdari, L., 2021. Comparison of the entrepreneurial motivation in different economic groups. J. Glob. Entrep. Res. 11, 29–39. https://doi.org/10.1007/s40497-021-00268-z
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dieva Dieva Zahrohtu Anfi, Dimas Dimas Putri Mega Pratesa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0