HUBUNGAN ENTREPRENEURSHIP EDUCATION TERHADAP ENTREPRENEURIAL PROMOTION MELALUI ENTREPRENEURIAL MINDSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PESERTA DIDIK SMK SE-MALANG RAYA

Authors

  • Dieva Zahrohtu Anfi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang
  • Dimas Putri Mega Pratesa Sekolah tinggi ilmu ekonomi indonesia malang

DOI:

https://doi.org/10.51881/jak.v22i2.132

Keywords:

Entrepreneurial Mindset, Entrepreneurial Promotion

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan entrepreneurship education terhadap entrepreneurial promotion melalui entrepreneurial mindset. Dimana dalam penelitian ini entrepreneurial mindset  ditempatkan sebagai mediator hubungan antara entrepreneurship education dan entrepreneurial promotion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang  yakni SMK Negeri 1 Malang, SMK Negeri 11 Malang, dan SMK Negeri 7 Malang yang telah mendapatkan pendidikan kewirausahaan dan telah memiliki usaha yakni siswa kelas XI dan XII. Sampel penelitian ini berjumlah 350 siswa yang mengisi survei menggunakan google form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software Smart PLS versi 3. Penelitian ini menggunakan 2 model perhitungan PLS, yaitu Model pengukuran (Outer Model) dan Model Struktural (Inner Model). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap promosi kewirausahaan pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap mindset kewirausahaan, promosi kewirausahaan berpengaruh positif siginifikan terhadap mindset kewirausahaan, serta mindset kewirausahaan memediasi secara signifikan pendidikan kewirausahaan  terhadap promosi kewirausahaan. Penelitian ini memberikan bukti terhadap penelitian yang masih diperdebatkan bahwasannya pendidikan kewirausahaan dan  mindset kewirausahaan mampu mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap promosi kewirausahaaan. Temuan ini juga menjadi bekal untuk calon wirausahawan dalam memahami dan menerapkan ilmu yang sudah diajarkan  dalam berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andalibi, M., 2019. Early Incorporation of Entrepreneurship Mindset in An Engineering Curriculum. Int. J. High. Educ. 8, 98. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n4p98

Bacq, S., Lumpkin, G.T., 2021. Social Entrepreneurship and COVID‐19. J. Manag. Stud. 58, 285–288. https://doi.org/10.1111/joms.12641

Baggen, Y., Lans, T., Gulikers, J., 2022. Making Entrepreneurship Education Available to All: Design Principles for Educational Programs Stimulating an Entrepreneurial Mindset. Entrep. Educ. Pedagogy 5, 347–374. https://doi.org/10.1177/2515127420988517

Berger, E.S.C., von Briel, F., Davidsson, P., Kuckertz, A., 2021. Digital or not – The future of entrepreneurship and innovation. J. Bus. Res. 125, 436–442. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.12.020

Bischoff, K., Volkmann, C.K., Audretsch, D.B., 2018. Stakeholder collaboration in entrepreneurship education: an analysis of the entrepreneurial ecosystems of European higher educational institutions. J. Technol. Transf. 43, 20–46. https://doi.org/10.1007/s10961-017-9581-0

Blankesteijn, M., Bossink, B., van der Sijde, P., 2021. Science-based entrepreneurship education as a means for university-industry technology transfer. Int. Entrep. Manag. J. 17, 779–808. https://doi.org/10.1007/s11365-019-00623-3

Burnette, J.L., Pollack, J.M., Forsyth, R.B., Hoyt, C.L., Babij, A.D., Thomas, F.N., Coy, A.E., 2020. A Growth Mindset Intervention: Enhancing Students’ Entrepreneurial Self-Efficacy and Career Development. Entrep. Theory Pract. 44, 878–908. https://doi.org/10.1177/1042258719864293

Caplan, J., Kanigel, R., Tsakarestou, B., 2020. Entrepreneurial Journalism: Teaching Innovation and Nurturing an Entrepreneurial Mindset. Journal. Mass Commun. Educ. 75, 27–32. https://doi.org/10.1177/1077695820904987

Cervelló-Royo, R., Moya-Clemente, I., Perelló-Marín, M.R., Ribes-Giner, G., 2020. Sustainable development, economic and financial factors, that influence the opportunity-driven entrepreneurship. An fsQCA approach. J. Bus. Res. 115, 393–402. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.10.031

Chhabra, S., Raghunathan, R., Rao, N.V.M., 2020. The antecedents of entrepreneurial intention among women entrepreneurs in India. Asia Pac. J. Innov. Entrep. 14, 76–92. https://doi.org/10.1108/APJIE-06-2019-0034

Cui, J., Sun, J., Bell, R., 2021. The impact of entrepreneurship education on the entrepreneurial mindset of college students in China: The mediating role of inspiration and the role of educational attributes. Int. J. Manag. Educ. 19, 100296. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.04.001

Daspit, J.J., Fox, C.J., Findley, S.K., 2023. Entrepreneurial mindset: An integrated definition, a review of current insights, and directions for future research. J. Small Bus. Manag. 61, 12–44. https://doi.org/10.1080/00472778.2021.1907583

Debarliev, S., Janeska-Iliev, A., Stripeikis, O., Zupan, B., 2022. What can education bring to entrepreneurship? Formal versus non-formal education. J. Small Bus. Manag. 60, 219–252. https://doi.org/10.1080/00472778.2019.1700691

Drobyazko, S., Barwińska-Małajowicz, A., Ślusarczyk, B., Zavidna, L., Danylovych-Kropyvnytska, M., n.d. Innovative Entrepreneurship Models In The Management System Of Enterprise Competitiveness.

Egerová, D., Eger, L., Mičík, M., 2017. Does entrepreneurship education matter? Business students’ perspectives. Tert. Educ. Manag. 23, 319–333. https://doi.org/10.1080/13583883.2017.1299205

Eijdenberg, E.L., Isaga, N.M., Paas, L.J., Masurel, E., 2021. Fluid Entrepreneurial Motivations in Tanzania. J. Afr. Bus. 22, 171–189. https://doi.org/10.1080/15228916.2019.1695191

Faghih, N., Bonyadi, E., Sarreshtehdari, L., 2021. Comparison of the entrepreneurial motivation in different economic groups. J. Glob. Entrep. Res. 11, 29–39. https://doi.org/10.1007/s40497-021-00268-z

Downloads

Published

07-08-2024

How to Cite

Dieva Zahrohtu Anfi, D., & Dimas Putri Mega Pratesa, D. (2024). HUBUNGAN ENTREPRENEURSHIP EDUCATION TERHADAP ENTREPRENEURIAL PROMOTION MELALUI ENTREPRENEURIAL MINDSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PESERTA DIDIK SMK SE-MALANG RAYA. Akademika : Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Bisnis., 22(2), 73–83. https://doi.org/10.51881/jak.v22i2.132