SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KASIR DALAM KEMUDAHAN PELAYANAN DI KAFE BLOOM CAFFEINE LAB, SUHAT MALANG
DOI:
https://doi.org/10.51881/jak.v22i1.128Keywords:
Sistem informasi Manajemen, Pelayanan, KasirAbstract
Sistem informasi manajemen kasir adalah suatu system yang dirancang dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mengolah data produk, monitoring produk dan data transaksi. Sebagai seorang pebisnis ritel, layanan, F&B, pemilik usaha memerlukan aplikasi kasir yang mampu mendukung semua kegiatan bisnis. Di era digital saat ini telah bermunculan banyak jenis aplikasi POS yang berbasis android atau Ios salah satunya aplikasi POS Qasir yang terbukti telah banyak membantu UKM Indonesia.Kafe Bloom Caffeine Lab, merupakan salah satu kafe yang bertempat di perumahan Permata Jingga Suhat, Malang yang mana selalu berusaha mengedepankan dalam peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2023 di kafe Bloom Caffeine Lab, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data primer yang diperoleh dengan berkunjung langsung pada kfe serta dari data sekunder yang berasal dari website dan jurnal. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kafe Bloom Caffeine Lab, sudah mengimplementasikan system informasi manajemen kasir berbasis aplikasi POS Qasir sehingga kegiatan operasional kasir menjadi sangat efisisen.
Downloads
References
Diodora Yessabella., Yohanna. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kasir Berbasis Aplikasi Moka Pos (Point Of Sales) Pada Kafe X Tahun 2022”. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unita, Vol. 1 No. 2 Tahun 2021
Kompas.com “5 Aplikasi Kasir di Android dan iPhone Untuk Bisnis UMKM (20 Januari 2022)”. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2023.
Kurniawan Tomi & Effiyaldi. “Analisis Dan Perencangan Sistem Informasi Manajemen Cafe Berbasis Android Pada Cafe Kopi Pedalaman”. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol. 55 No. 1 Maret 2020
Rulis Setyowati dan Hwihanus. “Peranan Sistem Informasi Manajemen Dalam Penggunaan E-Commerce dan Kemudahan Pelayanan Konsumen PT Keramika Indonesia Assaosiasi (KIA)”. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 Januari 2023
Slamet Handoko dkk. “Sistem Informasi Manajemen Untuk Pengelolaan Kafe”. Jurnal Informatika Vol 6, No. 1 Januari 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SISKA YUSTIKA, AMELINA R. RIFKOH, LORENCIA EVELYN R.A
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0